Kamis, 04 Agustus 2011

RESEP SUKSES JK ROWLING



London - Pengarang novel Harry Potter, J K Rowling, memiliki sekeping nasehat kepada para single mother. Perempuan asal Inggris yang disebut-sebut punya kekayaan setengah milyar poundsterling itu memberi salah satu resep sukses melakoni ziarah hidup.

Ternyata, Rowling datang dari garis keluarga single mother yang bangkit dari kegetiran hidup. Novelis itu mengaku bahwa ia menulis buku Harry Potter yang pertama menyusul badai perceraiannya.

Saat itu Rowling tengah melewati hari-hari panjang bersama bayi putrinya di sebuah flat di Edinburgh, sebagaimana dikutip dari situs internet The Telegraph. Pengalaman getir itu menyebabkan dirinya mengalami depresi jiwa. "Saya mendapati bahwa kini begitu banyak single mother. Saya sendiri berasal dari garis keluarga single mother," katanya dalam sebuah wawancara.

"Duapuluh tahun lalu, saya mengajar dan menulis di waktu senggang. Tidak lama kemudian, saya menjadi single mum. Ini saya rasakan ada kaitannya."

Rowling mengatakan kepada Radio Times, "Lihatlah dengan penuh kerendahan hati bahwa anda bagian dari ranting keluarga yang besar. Kenyataan ini justru memperkuat diri."

Rowling menikah dengan suaminya yang kedua, Neil Murray pada 2001. Ia kini menjabat sebagai presiden dari lembaga sosial yang mengurusi single parents.

Rowling kerap menyatakan, "Perempuan seperti saya, menurut mitos yang beredar, sering dituding sebagai biang dari keretakan kehidupan sosial. Kemudian kita memperoleh dana santunan dan akomodasi dari pemerintah. Ini semua agar hidup menjadi mudah."

"Antara 1993 dan 1997, saya bekerja sebagai guru sekolah dasar, dan menulis novel. Suatu ketika, saya dilanda depresi. Saya patah semangat dan merasa semua sia-sia. Situasi ini sungguh tidak membantu kita dalam menjalani hidup," kata Rowling.

(sumber:gatranews)

Tidak ada komentar: